Kenali Beras Plastik!

17 Juli 2017 -

Beras plastik, mungkin ini jadi ada di dunia karena berkembangnya populasi 'kanakan plastik' yang mendiaspora juga. Terinspirasi dari video yang beredar di layanan WhatsApp saya memperoleh dari rekan kerja, video pembuatan 'Kanakan Plastik', eh bukan tapi Beras Plastik! Seperti apa pembuatan beras plastik?
video


Perlu bagi kita mengingatkan kepada masyarakat untuk mampu mengenali secara sederhana perbedaan beras asli dengan beras yang dioplos material plastik. Yah, mungkin sudah banyak artikel yang mengulas ini tetapi paling tidak saya mencoba mengingatkan kembali.
Disadur dari berbagai sumber, paling tidak ada empat cara sederhana untuk mengenali beras plastik:
  1. Pertama, dari bentuknya, tampilan beras asli memiliki guratan dari bekas sekam padi, sedangkan beras plastik tidak terlihat guratan pada bulirnya dan bentuknya agak lonjong.
  2. Kedua, dari ujung-ujung bulir beras, pada beras asli terdapat warna putih di setiap ujungnya, warna tersebut merupakan zat kapur yang mengandung karbohidrat. Sedang beras bercampur plastik tidak ada warna putihnya.
  3. Ketiga, jika beras asli direndam dalam air maka akan berubah warna menjadi lebih putih, sedangkan beras plastik hasilnya tidak akan menyatu dan airnya tidak akan berubah menjadi putih.
  4. Keempat, jika beras palsu ditaruh di atas kertas maka terlihat beras tidak natural, berbentuk lengkung, tidak ada patahan. Ada sumber yang menyebutkan beras plastik jika dipatahkan akan pecah menjadi bentuk kecil-kecil. Sementara beras asli bentuk bulirnya sedikit menggembung dan kalau dipatahkan hanya terbelah menjadi dua,
Sebuah artikel di Liputan6.com menyebutkan bahwa harga plastik sampai saat ini lebih mahal dari beras, meskipun itu merupakan bijih plastik daur ulang. Saya sendiri sempat berfikir, membeli beras 'murah' lebih besar peluang terhindar dari beras plastik? Mungkin sih.

0 Komentar:

Beri Komentar

Anda harus memiliki akun Google untuk dapat mengirimkan komentar.