Meredam Joker di Kantor

03 September 2016 -

Setelah menerjunkan diri ke dunia karir, Anda akan menemui beragam tipe pegawai di tempat kerja. Hati-hati, salah satu tipe rekan kerja yang paling buruk di kantor adalah para pegawai bermuka dua.

Umumnya, sebagian besar pegawai pasti pernah merasakan bekerja dengan tipe pegawai seperti itu. Dia seringkali menjelek-jelekkan pegawai lain pada atasan atau rekan kerja lain di kantor.

Tak hanya itu, dia juga tak segan menjadi penjilat demi memperoleh citra baik di depan orang lain. Bahkan tak jarang, dia juga menjelek-jelekkan atasannya pada orang lain di kantor. Kondisi seperti itu jelas sedikit banyaknya dapat mengganggu Anda berkonsentrasi saat bekerja.

Untuk mengatasinya, mungkin Anda dapat menyikapi dengan cara berikut:
1. Jangan tanggapi sikapnya
Anda tentu bukan satu-satunya orang yang pernah menyaksikan sikap buruknya di kantor. Jika dia mulai membicarakan hal negatif tentang bos atau rekan kerja lain, cobalah untuk mengabaikannya.
Pegawai yang senang menceritakan kejelekan orang lain biasanya hanya senang mencari perhatian. Jadi, saat dia mulai menjelekkan orang lain, tinggalkan saja.
Dia harus tahu bahwa itu merupakan sikap yang buruk dan tidak bisa diterima. Tidak menanggapi sikap buruknya merupakan cara terbaik untuk menyadarkannya.

2. Bekerja dengan sebaik-baiknya
Sebagai pegawai, Anda tentu tak ingin terlihat berprestasi hanya dengan menjilat atasan di kantor. Di hadapan karyawan yang bermuka dua, sebaiknya Anda menunjukkan kehandalan dan keseriusan bekerja.
Memperlihatkan kekuatan kerja Anda dapat membuatnya sadar, bahwa bekerja keras lebih penting dibandingkan hanya bersikap manis pada atasan.

3. Biarkan atasan Anda terlihat baik
Salah satu cara terbaik saat menghadapi rekan kerja yang gemar membicarakan kejelekan atasan adalah dengan membuat atasan Anda terlihat baik. Carilah sebuah masalah dan berkonsultasi pada atasan sehingga karyawan lain dapat melihat atasan Anda memang efektif dalam bekerja.
Aksi itu dapat meredam si pegawai bermuka dua untuk menjelek-jelekkan orang lain.

4. Bertindak keras
Jika Anda telah melakukan berbagai upaya, tapi sikap pegawai Anda tetap tak berubah, maka tindakan keras perlu dilakukan. Anda bisa mengumpulkan teman-teman yang lain untuk meberitahu dia soal sikapnya yang buruk dan senang mengeluhkan kejelekan orang ian.
Namun, jika sikapnya sama saja, lebih baik laporkan pada atasan agar dia bisa memperbaiki sikapnya

Nah, itu menurut saya. Menurut Anda bagaimana?

0 Komentar:

Beri Komentar

Anda harus memiliki akun Google untuk dapat mengirimkan komentar.