Cara Mudah Menjaga atau Menurunkan Berat Badan

08 Agustus 2016 -


Untuk bisa menurunkan berat badan, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan tidak berlebihan mengonsumsi kalori dan mengganti menu camilan.J ika Anda mengonsumsi terlalu banyak kalori namun tak dibarengi dengan aktivitas fisik yang seimbang, maka peningkatan berat badan bisa sangat mudah terjadi.

Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk membantu proses penurunan berat badan? Berikut cara-caranya:

1. Pilih kacang jadi camilan
Di sela waktu makan, Anda tentu sering ingin ngemil kan? Hati-hati, salah memilih camilan bisa membuat berat badan dengan mudah naik. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition menyatakan bahwa konsumsi kacang secara rutin membantu menurunkan risiko kenaikan berat badan. Selain itu, kacang juga merupakan sumber vitamin dan mineral.

2. Hindari makanan olahan
Dibandingkan makanan yang diolah dan diproses, makanan dengan bentuk alaminya lebih dianjurkan untuk dikonsumsi. Dikatakan bahwa semakin Anda mengonsumsi makanan dari bentuk aslinya, maka semakin baik efeknya bagi kesehatan tubuh. Misalnya, lebih memilih untuk mengonsumsi daging sapi dibandingkan sosis. 


3. Perbanyak memasak di rumah
Sejumlah ahli gizi menekankan pentingnya memasak makanan Anda sendiri. Dengan cara ini, Anda tahu betul bahan makanan dan bumbu apa saja yang Anda konsumsi. Cara ini juga memastikan Anda tak mengonsumsi kalori secara berlebihan. 

4. Biasakan mengunyah lebih lama 
Jangan makan terburu-buru, biasakan untuk mengunyah makanan Anda dengan efektif setiap kali makan. Kebiasaan malas mengunyah tak cuma membuat Anda makan lebih banyak tanpa disadari, tapi juga menempatkan tekanan pada sistem pencernaan Anda.

5. Tingkatkan kualitas tidur malam
Tahukah Anda bahwa kualitas tidur juga memengaruhi kemampuan tubuh dalam membakar kalori? Penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur membuat tubuh lebih berisiko menjadi gemuk, dibandingkan jika Anda tidur cukup. Saat Anda kurang tidur, tanpa disadari Anda juga berisiko makan lebih banyak dari yang seharusnya.

0 Komentar:

Beri Komentar

Anda harus memiliki akun Google untuk dapat mengirimkan komentar.