Gerhana Bulan, Ilmiah dan Keutamaannya dalam Islam

04 April 2015 -

Malam ini terhitung cerah, setelah kemarin lebih dari 10 jam air hujan mengguyur dengan semangatnya. Selain terlihatnya bintang-bintang yang seperti enggan muncul, ada fenomena yang jarang ada. Ya, bulan juga enggan muncul karena beberapa jam tadi bayangan bumi menutupinya.

Gerhana bulan, sebuah fenomena alam dimana bulan, bumi, dan matahari berada dalam satu garis lurus. Fenomena ini akan menjadi gerhana bulan total apabila benar-benar lurus, dan itu terjadi dalam waktu yang tidak lama. Sudah jelas, ummat muslim disunnahkan untuk shalat gerhana.

Sebenarnya apa? Gerhana adalah tanda-tanda kekuasaan Allah, dan dengan adanya gerhana kita dianjurkan shalat dan berdoa hingga kembali seperti semula. Hadist siapa gitu, saya lupa, menyebutkan  "sampai terang kembali".

Lantas apa hikmah di balik shalat gerhana? Ingat tentang gravitasi? Gravitasi Newton pada saat dua massa atau lebih dengan memiliki massa dan memiliki jarak tertentu, maka antar benda tersebut akan mengalami gaya gravitasi yang besarnya berbanding terbalik dengan jarak kuadratnya. Ingatlah rumus F = (G. M. m) /r^2. Artinya, massa yang besar cenderung akan menarik massa yang lebih kecil ukurannya. Bagaimana jika gerhana? Jelas, yang besar akan memiliki gaya gravitasi yang besar pula. Tentu kita bisa mengetahui yang mana yang lebih besar antara bumi, bulan dan matahari. Dan kemungkinan besar akan terjadi gaya saling tarik-menarik dan tumbukan antara bumi, bulan dan matahari.

Resiko apa lagi dari gaya tarik menarik antara matahari, bumi, dan bulan? Kalaupun tidak sampai terjadi tumbukan, perlu diketahui resiko yang dapat ditimbulkan akibat gaya tarik menarik tersebut. Pertama, memungkinkan terjadinya gempa bumi, sebab gaya tarik menarik yang terjadi bisa mengakibatkan pergeseran tanah. Pergeseran tanah inilah sebab terjadinya gempa bumi. Kedua, memungkin terjadinya gunung berapi meletus, karena gaya tarik menarik dapat memicu aktifitas magma yang berada di perut bumi.

Sekarang tahu khan? Indah sih indah, tetapi waspadalah. Apalagi kalau gerhana bulan total. :)

0 Komentar:

Beri Komentar

Anda harus memiliki akun Google untuk dapat mengirimkan komentar.