Posisi Duduk Seperti Ini, Rentan Nyeri

27 Maret 2015 -

Menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk di depan layar komputer pasti dialami hampir semua pekerja kantoran. Tak pelak, saat posisi duduk tidak nyaman pun timbul keluhan nyeri pinggang bagian bawah atau low back pain. Masalah duduk di kantor sebenarnya juga dipengaruhi faktor ergonomi. Artinya, bukan hanya terkait dengan berapa lama waktu yang dihabiskan untuk duduk.
 
Dari segi pekerjaan, paling banyak yang dikeluhkan para pekerja yaitu low back pain. Makanya tidak hanya waktu tetapi untuk duduk posisinya juga harus nyaman. Kursinya sebaiknya yang bisa dinaikkan dan diturunkan. Ukurannya juga sebaiknya sesuaikan dengan tubuh si pemakai.

Dianjurkan, pada jam istirahat melakukan peregangan otot misalnya berdiri sebentar kemudian otot diregangkan dengan melakukan beberapa gerakan kecil, kemudian baru lanjut bekerja. Dengan posisi duduk yang tidak tepat, para pekerja sering mengeluh mengalami sakit di area pinggang bawah.

Penggunaan alat seperti komputer dan mouse serta tinggi meja juga memegang peranan penting agar karyawan bisa mendapatkan posisi yang nyaman di meja kerjanya. Tak hanya masalah teknis, pastinya suasana kerja yang baik juga bisa berdampak positif bagi kesehatan tiap karyawan.

0 Komentar:

Beri Komentar

Anda harus memiliki akun Google untuk dapat mengirimkan komentar.