Cara Sederhana Hindari Batu Ginjal

22 Maret 2015 -

Batu ginjal umumnya muncul pada pria daripada wanita dan bisa menyebabkan rasa sakit luar biasa. Pada sebagian orang batu ginjal yang sudah ditangani bisa muncul kembali sehingga tindakan pencegahan adalah cara terbaik untuk menghindarinya.

Batu ginjal sendiri adalah potongan mineral padat terbentuk dari sisa makanan yang dipisahkan ginjal dari urine. Semua orang sebetulnya memiliki potensi memiliki batu ginjal namun orang-orang tertentu lebih rentan karena faktor keturunan.

Ketika batu ginjal yang besar tersangkut di saluran kencing, kondisi tersebut bisa dibilang darurat karena rasa sakit yang disebabkan luar biasa. Aliran urine juga terhambat dan berpotensi menyebabkan infeksi.

Berikut cara-cara sederhana untuk menghindari batu ginjal:

1. Kurangi Garam
 Makanan yang tinggi garam dapat memicu batu ginjal karena garam menambah jumlah kalsium dalam urine. Jika dibiarkan terus kalsium akan mengendap dan menjadi batu ginjal keras. Jika seseorang memiliki sejarah pernah terkena batu ginjal maka ia disarankan untuk menjaga konsumsi garamnya di bawah 1.500 miligram sehari. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi makanan prosesan dan garam di masakan rumah.

2. Perhatikan Kalsium
Konsumsi kalsium wajib untuk kesehatan tulang, namun bagi penderita batu ginjal konsumsi tersebut akan menambah batu ginjal tersebut. Pada umumnya, orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi kalsium 1.000 sampai 1.300 miligram per hari. Namun bagi mereka yang punya batu ginjal, dokter mungkin akan merendahkan saran tersebut menjadi 800 miligram per hari.

3. Batasi Protein
Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi protein seperti daging sapi, ayam, dan telur dapat meningkatkan asam urat dalam urine. Asam urat yang tinggi pada urine telah diteliti menyebabkan batu terbentuk. Makanan tinggi protein juga mengurangi kandungan sitrat tubuh yang berfungsi mencegah batu ginjal terbentuk. Untuk menghindari batu ginjal batasi konsumsi daging menjadi sekitar 85 gram per porsi atau sekitar besar dek kartu remi. Dengan pola makan yang seperti ini, tak hanya batu ginjal, jantung juga mendapat manfaatnya.

4. Deteksi Dini
Memeriksakan diri ke dokter adalah cara terbaik untuk deteksi, selain melihat dari faktor keturunan adanya batu ginjal tersebut.

5. Air Putih
Dari semua hal yang bisa menyebabkan batu ginjal dehidrasi adalah faktor utama yang paling signifikan. Kandungan seperti kalsium, oksalat, fosfat, dan asam urat bisa mengkristalisasi jika tak ada cairan yang cukup di dalam tubuh untuk mengencerkannya. Pasien dengan sejarah batu ginjal perlu mengonsumsi air sekitar tiga liter dalam sehari. Jika warna urine ketika berkemih gelap maka itu tanda tubuh kekurangan air.

0 Komentar:

Beri Komentar

Anda harus memiliki akun Google untuk dapat mengirimkan komentar.