Mau Jantung Sehat? Jangan Ngeyel, 10 Menit Olahraga

14 Februari 2015 -

Untuk memiliki jantung sehat, olahraga atau setidaknya melakukan latihan fisik setiap hari sangat dianjurkan. Namun bagi Anda yang mengaku super sibuk, sediakan waktu minimal 10 menit untuk mendapatkannya.

Informasi ini disampaikan oleh The British Heart Foundation (BHF). Menurut mereka, melakukan perubahan kecil misalnya menyediakan waktu 10 menit untuk berolahraga sudah cukup memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh.

Ditemukan bahwa 33 persen pria dan 45 persen wanita tidak melakukan rekomendasi olahraga sebanyak 150 menit per pekan. Kebanyakan dari mereka beralasan sibuk dengan pekerjaan sehingga tak sempat untuk berolahraga setiap hari.

Oleh sebab itu, BHF kemudian mencoba melakukan kampanye bahwa perubahan kecil pun mampu memberikan manfaat sehat bagi tubuh. Salah satunya dengan berolahraga minimal 10 menit per hari.

"Melakukan perubahan kecil setiap hari dapat berdampak besar. Termasuk untuk olahraga. Setelah terbiasa olahraga rutin, frekuensi dan waktunya diharapkan akan semakin ditambah. Tapi tetap semuanya bisa dimulai dari langkah kecil yakni 10 menit terlebih dahulu," ungkap juru bicara dari BHF, Catherine Kelly.

Olahraga yang dilakukan juga tak mesti olahraga berat. Aktivitas ringan seperti berdiri, juga bisa bermanfaat. Disampaikan oleh konsultan dari Institute of Sport, Exercise and Health, Dr Mike Loosemore, bahwa berdiri selama tiga jam sehari sama baiknya seperti Anda berlari maraton sepuluh kali dalam setahun.

"Sekecil apapun aktivitas fisik tidak boleh dianggap sia-sia. Itu tetap dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, serta mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh," ungkapnya.

0 Komentar:

Beri Komentar

Anda harus memiliki akun Google untuk dapat mengirimkan komentar.