USG Pada Bayi? Tunggu 4 Minggu!

11 Juni 2014 -

Saat mendapati akan memiliki momongan, tak jarang suami istri ingin segera mengecek keadaan si ibu hamil dan melakukan USG untuk sejenak mengintip si jabang bayi. Namun biasanya, USG baru bisa dilakukan saat kandungan berusia empat minggu. USG sudah bisa mendeteksi bayi dari usia 4 minggu tentunya dengan gambaran yang sangat kecil dan harus menggunakan probe atau alat pembangkit dan penerima gelombang suara yang ditempelkan ke tubuh manusia di dalam vagina. Sedangkan USG abdominal (dari perut) bisa mendeteksi bayi sejak usia kehamilan 6 atau 7 minggu

Prosedur USG Abdomen untuk melihat janin di bawah usia kehamilan 16 minggu dibutuhkan kandung kencing yang penuh, supaya terbentuk acoustic windows (area konduktifitas gelombang suara). Tujuannya, agar dapat melihat secara jelas struktur di bawahnya, yaitu rahim. Sedangkan, USG transvaginal justru dibutuhkan kandung kencing yang kosong sehingga tidak mengganggu pemeriksaan dari vagina.

Ketika berusi 16 minggu, ari-ari sudah mulai terbentuk sempurna, janin pun terlihat lebih jelas, dan terkadang jenis kelamin sudah terlihat. Tapi tergantung posisi janin, apabila menutupi kelamin, tentu tak terlihat.

0 Komentar:

Beri Komentar

Anda harus memiliki akun Google untuk dapat mengirimkan komentar.