Tiada Hari Tanpa Internet

24 Januari 2012 -

Jika ada yang mengatakan bahwa manusia jaman sekarang menjadi budak dari teknologi yang diciptakannya sendiri, bisa jadi pernyataan itu benar dan bisa jadi pernyataan tersebut salah. Aku sendiri tidak mau dikatakan diperbudak atau menjadi korban teknologi, namun di sisi lain aku sepertinya juga tak mungkin lepas dari teknologi terutama teknologi informasi dan komunikasi. Sebut saja ponsel, setiap hari nyaris tidak dapat lepas dari aliran komunikasi data.

Jika jaman dulu, orang mengatakan perlu ponsel untuk berkomunikasi dalam hal panggilan suara atau mengirim pesan teks (SMS). Sekarang, apa masih jaman? Jujur saja, trafik penggunaan panggilan telepon jauh berkurang ketika setiap orang mulai mengenal internet (terkait panggilan data). Tanpa ada maksud membedakan orang yang gemar menelpon, nge-sms, atau nginternet, menurut saya orang tanpa panggilan data adalah orang-orang yang belum tahu seluas apa dunia maya. Hehe.. :p

OK, lepas dari bahasan sebelumnya. Ada beberapa kasus yang berkaitan dengan teknologi, kualami kemarin dan berlanjut ke hari ini. Apa itu? Biasa, kasus tentang internet. Sebut saja aku berlangganan provider XL dan Indosat, bukan iklan loh! Boleh juga menyebut nama produk, nanti kalau dikenakan pasal gimana? Hehe.. Ini gak menyangkut hal yang tidak baik kok.

Begini ceritanya, 2 atau 3 hari yang lalu aku mendapati ponselku dengan kartu Indosat, tidak dapat dipergunakan lagi internetnya. Masih damai, aku memanfaatkan internet di ponselku yang satunya yang berkartu XL. Dalam waktu yang bersamaan hari, internet di kantorku juga tidak dapat berfungsi. Kenapa? Aku berpositif thinking, sedang ada permasalahan jaringan.

Aku mulai gusar, ternyata paket internet XL-ku habis masa langganannya. Ayal, mati gaya! Bukannya mati gaya, tetapi gak ada yang diotak-atik ketika bersantai. Sesekali makai browser Opera Mini, menghabiskan harga data yang lebih mahal dibanding berlangganan. Aku sengaja belum memperpanjang, masih berharap besok harinya (hari ini) internet di kantor sudah kembali normal. Ternyata? Tidak juga. Selama jam kerja hanya duduk dan menonton TV deh jadinya! Tidak ada kerjaan, makin membuat aku suntuk. Seperti katak dalam tempurung deh kalau kaya gini judulnya.

Usut punya usut, aku mencoba menelpon ke Pusat Layanan (CS) Indosat, ternyata eh ternyata masa aktif kartu aku habis! Pantas gak mau internet! Ingin rasanya kutoyoy kepalaku sendiri, hehe… Kemudian aku menelpon dari telepon kantor ke 147, kali ini aku gak ingin menoyoy kepalaku sendiri, karena dari telepon itu mendapat informasi bahwa paket internet yang diberikan Dinas Kota Banjarmasin juga sudah habis. Harus dibayar agar dapat menggunakannya kembali, bagus.. menoyoy siapa nih jadinya? Hehe..

Merasa gak enak dengan kondisi sekarang, aku mencoba mengisi pulsa agar internet Indosatku bisa dipergunakan kembali. Di kantor, mau isi melalui internet banking. Gimana bisa? Lha tersambung aja nggak kok. Akhirnya bela-belain keluar hanya untuk mencari pulsa. Sudah diisi pulsa, aku bisa mempergunakan kembali. Kali ini kupakai untuk mengaktifkan obrolan di Yahoo Messenger. Penderitaan berakhir? Belom! Baru beberapa saat, baterai ponselku lemah.. melemah, dan habis.

Takdirnya, hari ini aku memang tidak berjodoh dengan internet.. :D

2 komentar:

  1. Hahaha....Alhamdullilah ya, sesuatu! hihi....:p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh.. Tapi hari ini sudah normal kembali, hehe

      Hapus

Anda harus memiliki akun Google untuk dapat mengirimkan komentar.